Thursday 6 August 2015

23 Tahun!

Wah, ini sudah ke 4 kalinya gue 'merayakan' ulang tahun di Jepang.
Walaupun sebenernya ngga juga dibilang merayakan sih... tepatnya, banyakan dirayain :p

Tapi seperti biasa, detik-detik menjelang jam 12 malem, biasanya gue melakukan ritual sendirian seperti:



*hal klasik untuk para jomblo wanita independen yang lebih banyak menghabiskan waktu di depan pesbuk*

Kemudian tepat pada jam 10 malem, kedua cecunguk bernama Fumika dan Emi dateng ke rumah. Belakangan, dua manusia ini emang lagi rajin-rajinnya nginep di rumah dengan alesan rumah gue paling strategis deket sama kampus dan dua-duanya pada males kerumah karena pada jauh (TERUS NGAPA NYEWA RUMAH JAUH-JAUH AMAT SIH). Ga juga sih. Mereka biasanya abis pada pulang latihan nari, karena kemaleman dan jadwal trem udah abis, mau ga mau ke rumah gue. Kebetulan rumah gue itu multifungsi banget--bisa buat jadi tempat nginep darurat, jadi hotel, jadi losmen, jadi tempat party, atau bahkan tempat gulat. Bebas aja selama ga mengganggu tetangga aehuaehauheu.

Keduanya dateng disaat gue lagi ngantuk-ngantuknya.
Kemudian tanpa basa-basi, keduanya buka baju, ngambil box dan sebuah champagne sambil... joget-joget dan nyanyi Happy Birthday ke gue.

"HAPPY BIRTHDAY TO YOUUU HAPPY BIRTHDAY TO YOUUUUU~~~~~~"

Gue cuma bisa... bengong.
Ngeliat pemandangan ajaib di depan mata, gue cuma geleng-geleng doang sambil baca ayat kursi (lha dikira ini dua anak setan alas).

Kiri: Fumika, Kanan: Emi. Setelah keduanya gue suruh tobat dengan mandi dan pake baju, dan pose ulang.


Tanggal 6 Agustus juga sebenernya merupakan tanggal penting juga di Jepang.
Bagi yang nilai sejarahnya bagus dan ga langganan remed kayak gue, pasti tau ada apa pada tanggal 6 Agustus.

Yep bener.

Yaitu peringatan jatuhnya Bom di Hiroshima 70 tahun yang lalu (Nagasaki tanggal 9 Agustus). Jadi agak miris juga pas liat pesbuk, di sela-sela orang nge-wall ngucapin hepi birthday dan ngingetin bayar utang, terselip post yang berisi kesedihan dan duka mendalam mengenai Hiroshima (biasanya yang ngaplot orang Jepang). Jadi sebenernya tiap tahun gue galau, mau hepi-hepi apa ikut berkabung.

Tapi emang dasar timingnya ngga pas, well gue sendiri super sibuk di hari yang istimewa ini. Salah satunya adalah UAS terakhir (PAK DOSEN, INI ULANG TAHUN SAYA TOLONG KASIH NILAI, PAK), dan gue harus cabut ke Nagoya malemnya karena besoknya ada seminar kerjaan. Jarak Kochi sama Nagoya itu mungkin sama kayak Jakarta - Garut. Atau mungkin lebih kali ya... pokoknya jauh banget deh. Si Fumika alias dalang kerusuhan sempet kecewa pas tau gue ga ada di rumah malemnya, karena selain dia jadi susah nginep karena kuncinya gue bawa ("Jangan sedih, gue ada kunci cadangan, pake aja."), dia gabisa rayain ultah gue bareng-bareng. Aih baiknyah :')

Disini, kebiasaan anak-anak mahasiswa kurang gawe kalo ada yang ultah biasanya bakal ada perayaan dan membanjiri si 'korban' dengan hadiah. Pokoknya di manjain dah. Dan untungnya lagi, ga usah keluar duit hauehauehaueha (makan siang gue juga dibeliin sama si Fumika ahuehauehau). Mungkin kapan-kapan lagi gue baru bisa ngerayain bareng--mungkin sepulang dari seminar gue.
Tidak hanya itu, sepulang dari Nagoya nanti pun gue dihadapi dengan ujian bahasa Cina (ga usah nanya kenapa gue ambil matkul bahasa Cina. Ini sebenarnya sebuah pemaksaan yang diselenggarakan pihak jurusan dimana mereka pengen mahasiswa-mahasiswanya lancar bahasa Cina. Dasar kepala jurusan HI ajaib). Jadi mau ga mau selama seminar dan perjalanan pun gue musti nenteng-nenteng segepok kertas dan buku bahasa Cina dan ngerjain PR-nya *nangis tersedu-sedu*

Tapi so far, gue seneng banget karena banyak nerima ucapan dari berbagai orang :3
Yaa namanya juga manusia biasa, ada yang nyelamatin semoga bahagia selalu atau ada yang nyumpahin semoga dapet jodoh dan cepetan kawin. Kalo yang gue seneng, gue pasti jawab dengan panjang lebar sambil kasih emot lope-lope, tapi kalo yang gue sebelin, gue cuma bales stamp doang <-- ketauan pilih-pilih temen (?)


Ah... 23 tahun. Ga nyangka aja ya, akhirnya bisa mencapai usia 23 tahun dan sudah berhasil hidup di dunia selama ini. Sampe kapan masih berlanjut, gue ga tahu, apalagi pak RT. Banyak yang bilang 23 tahun itu masa-masanya masih menjajaki dunia dewasa, dan diharapkan sudah bisa dewasa sepenuhnya. Bukan berarti dewasa itu tumbuh tete terus bisa beli beha yang aneh-aneh dan udah legal nonton pilem warna biru, tapi lebih ke kepribadian dimana gue musti banyak-banyak ibadah dan kontrol emosi.
Beberapa bulan sebelum gue ultah, banyak pelajaran yang udah gue lalui sebagai mahasiswi yang kerjaannya makan siang di Subway. Ya berantem, ketemu orang-orang baru, baikan, dan pengalaman lainnya. Sebentar lagi, gue bakal meninggalkan masa-masa kuliah gue dan gue merasa agak berat sebenernya...

Anyway busway, ga cuma gue aja yang berulang tahun. Tapi, nyokap gue juga :3

ayo tebak mamake yang mana :3
Mamake di sebelah gue. Tetep ciamik meski udah kepala 5. Foto di ambil pas gue ngungsi ke Osaka demi ketemu mamake dan mendominasi kamar hotelnya. Dasar anak nyusahin...

Iya. Jadi pas mamake ulang tahun, pas daku mbrojol ke dunia yang indah ini. Tadinya kelahiran gue diprediksi agak telat gitu. Tapi Tuhan berkehendak lain, jam 6 pagi anak yang sekarang hobinya ngupil diem-diem ini pun lahir di St. Boromeus di Bandung. Gue pun jadi 'hadiah' abadi bagi nyokap (tapi masih banyak yang belon kesampean dan belum bisa ngebahagiain mamake sepenuhnya. Salah satunya adalah bangun pagi aja masih susah. Sebagai hadiah, gue merasa gagal.....)
Ohiya, jelas, itu pressure lho *lha curhat*

Kalau gue adalah hadiah ulang tahun nyokap, adek gue yang lahir 11 tahun kemudian, adalah hadiah nyokap di Hari Ibu :)

Hahaha. Dan di hari ulang tahun ini pun, nyokap masih ada terbang ke Ujung Pandang dan salah rikues libur. Jadilah Bapake merencanakan perayaan ultah tanggal 8 nanti pas mamake pulang.
So akhirnya gue cuma bisa nge-line-an aja sama nyokap karena pas banget tengah malem waktu Jepang, nyokap udah di bandara dan siap-siap boarding. Sisanya, gue pun ngeline-an sama bokap dan keluarga gue yang di Jakarta dan Bandung.


Masih dalam jarak jauh-jauhan, tapi insyAllah kalau ngga ada halangan, hati kita tetap dekat kok :3

Anyway, post ini akan di update lagi sepulang gue dari Nagoya. So, stay tune :)


1 comment:

  1. Oh ada yang ulang tahun ke 23 toh, Selamat hari kartini ya. Haha
    23? wew inyong juga umurnya desember nanti 23 ternyata kite seumuran #NariTorTor

    Itu foto yang kedua, sebelah kiri kok mukanya familliar ya ah, kayak siapa ya @__@

    Foto ke 3
    Hmm jadi disuruh nebak mamake puri yang mana toh. Menurut kerutan diwajahnya sih kalau ga kiri pojok pojok kanan...Ya gimana mood aja

    ReplyDelete