Sunday 25 October 2015

Wisata Kuliner di Jakarta

Hae lagi, Guys! *ngintip dari dalem gua teletabis*

jadi bulan September lalu gue menyempatkan diri balik ke Jakarta (dan itupun mendadak karena urusan interview dan kerjaan hoho). Sebentar aja sih cuma 10 hari. Gue sebenernya waktu itu udah pengen bawa segepok duit yen buat dituker rupiah dengan maksud foya-foya. Ternyata sampe tanggal keberangkatan duit gajian belum tiba juga akhirnya emang ga diijinkan sama Yang di Atas juga akhirnya gue ke Jakarta pun cuma bawa duit 3000 yen... (yang mau dituker juga cuma dapet berapa palingan........)

Oke. Kesempatan mudik setelah 2 tahun tidak kembali ke tanah air gue gunakan sebaik mungkin! Salah satunya ada wisata kuliner!!!

Sesampainya gue di bandara Soekarno-Hatta, gue dijemput seorang teman yang udah dari jauh-jauh hari gue suruh list daftar ngidam gue selama di Jepang. Sebut saja namanya Mamas. Dia jantan, bukan wanita maupun separo-separo. Si Mamas ini kebetulan juga orang pertama yang gue kabari ketika gue balik ke Jakarta dan alhamdulillah dia bersedia juga menjemput gue ditengah-tengah jadwalnya yang padat bisnis jual-beli sepatu Sneakers.

Idaman pertama langsung diserahkan sama Mamas!!! Bahagia!!! (ini bukan promosi makanan. Hanya promosi yang megang makanannya.)

Tugas si Mamas adalah memenuhi idaman gue (?) dan men-ceklis semua makanan yang udah gue santap. Tapi emang cuma kegedean napsu makan aja tapi badan gabisa apa-apa, ga semuanya idaman pun terpenuhi... Tapi sebagian besar main dish yang ditunggu-tunggu sih alhamdulillah kesampaian :3

Langsung saja, Gan!

KWETIAW


Gue ngidam kwetiaw goreng. Oh iya, gue penggemar masakan oriental dan mie-mie-an kayak i-fu mie atau lo-mie, termasuk indomie selera nusantara tetapi kamu tetap seleraku (?). Ketika gue dan Mamas memulai petualangan wisata kuliner, Mamas mengajak ke satu restoran Indonesia dan gue gapake basa-basi langsung pesen kwetiaw. Entah kenapa itu adalah hal pertama yang terbesit di kepala gue ahuehauehuae. Ga nyesel.


SOP BUNTUT

Ga kalah nikmeh, sop buntut adalah menu yang pueeeengen banget gue santap karena ngga ada di Jepang. Sebenernya sempet makan sop buntut juga di restoran Indonesia di daerah Tokyo tapi percaya, rasanya dan porsinya ngga se-maknyus di Jakarta. Apalagi, bonus sambel ijo dan empingnya. Oof!

TAHU TELOR



Foto atas: Tahu Telor. Foto bawah: Singkong Goreng Sambal Roa

Kedua menu di atas, adalah menu pilihan Mamas. Bukan daftar list, tapi boleh dicoba. (sekali lagi saya tekankan, saya ndak promosi atau jd buzzer di sebuah restoran. Blog saya murni share-share poto makanan yang saya idam-idamkan. Maunya juga share foto kamu yang aku idam-idamkan dari dulu tapi nanti banyak yang naksir jadi ga usah aja lah ya).
Btw porsi Tahu Telornya seabreg buanget.

MARTABAK TELOR

DAYUM
Martabak telor abang-abang yang lewat tiap malam pun jadi supersetar berikutnya yang ingin gue temui dan cicipi sepulang dari Jepang :3 KUAHNYA!!! ACARNYA!!! Ndeeeyum! Biasanya juga gue suka pesen minta gorengin kulitnya juga dulu hakhakhak. Enak aja rasanya garing-garing kek kerupuk :3

BAKSO (SETAN)


Right before execution
Sebelumnya gue sempet dilarang makan bakso, karena persis beberapa minggu gue sebelum balik, gue udah denger berita soal harga daging sapi yang melambung tinggi dan banyak abang bakso yang nyampur dagingnya pake daging celeng atau tikus... Jadi gue sempet serem juga sih pas mau beli bakso. Tapi gurih rasa kuahnya dan sambel oplosannya itu membuat perut gue menendang-nendang ingin makan lagi setelah sekian tahun ga makan bakso :"
Akhirnya pas ada kesempatan jalan sama nyokap, nyokap nge-spot sebuah warung bakso tenda dan memutuskan buat nyetop dan memberikan bujukan mautnya: "Non, ngebakso yuk."

MAMA KNOWS BEST YAAAA EMANG HOWAAAAAA!!!!!

LOOK AT THIS STUNNING STREETFOOD IN JAKARTA OH MY GAWD
Dan itu padahal size bakso-nya yang gue pilih masih ukuran medium. Ga kebayang kan yang large-nya segimana? Ga usah gue aplot ya. Takut nyindir orang (?).
Oh iya, meski gue udah gaboleh lagi makan sambel oplosan itu, nyokap gue ngijinin makan asal ga banyak-banyak huaehuaheua. Dulu selama SMP (dan SMA) kalo makan bakso selama istirahat, biasanya gue bisa ngabisin ampir setengah botol saos ga sehat itu sampe-sampe temen kalo liat gue makan sering berasumsi gue makan saos pake bakso.

CIRENG


Cireng sekarang ada saosnya dan itu pun saos rujak. Aja aja ada.
Selain isi Jakarta yang mengalami perubahan, ternyata makanan-makanannya pun sudah mulai ber-revolusi. Cireng yang tadinya bisa gue dapatkan di abang-abang gorengan (yang rumornya masaknya kudu pake plastik biar kranchi~) sekarang cireng bisa didapatkan di toko-toko onlen atau di departemen store. Bahkan, cireng sekarang makannya pake sambel! Man, dunia sudah berubah!!! *uopo...*


SOP KAMBING

duh isinya di balik kuah semua maap ya :(
Damn damn damn damn sop kambing juga ngga kalah lezatnya dan merupakan salah satu list idaman gue juga. Bokap gue punya warung sop kambing langganan gitu dan emang kuahnya ngga pernah fail memanjakan lidah. sop kambing, checked!

NASI LIWET

rempeyek, daging, telor, sop labu... ooo hell yeaaah
Ah nasi liwet. Kebetulan juga pas gue balik, sodara gue yang keciiil banget sunatan dan karena keluarganya Indonesia sekali, pastinya prasmanannya juga sooo Indonesian. Tapi yang gue incar sejak awal masuk rumahnya adalah nasi liwet. Sodara-sodara, nasi liwet adalah salah satu karya Tuhan terindah yang pernah diciptakan di dunia kuliner. Howaaa!

NASI PADANG DAN KRONI-KRONINYA

ENG ING ENG!!!!
Cinta sejati orang-orang Indonesia yang tengah melancong jauh di negeri orang adalah nasi padang dan lauknya yang sungguh memikat hati dan merindukan. Sambal hijau, kikil, nangka, telur, perkedel, dan lainnya beuhhhh... bikin nangis banget di suapan pertama. Sayang aja ga ada otak padahal gue juga seneng banget nungguin mau makan otak :(

"Uda, punya otak?"
"Ngga neng."


OTAK-OTAK

"look at that brown colour which it's roasted perfectly." -Gordon Ramsay
Meski ngga dapet otaknya si Uda (eh) maksudnya otak di rumah makan padang, nyokap berbaik hati memesankan selusin otak-otak ikan aseli langsung dari bangka! Ngga sih, kebetulan nyokap gue baru balik dari sana dan tau anaknya tukang makan dan ngidam macem-macem, akhirnya dibawain lah otak-otak ikan aduhai ini. Kapan lagi coba :"


SUSU ULTRA STOBERI

Calon bintang iklan susu. Debutnya nanti ngiklanin susu onta.

Ngga cuma makanan, gue pun ngidam sama minuman lokal yang cuma ada di Jakarta dan rasanya pun nikmat banget. Salah satunya, adalah susu ultra stoberi. Iya musti lengkap, karena gue fans berat susu ultra stoberi!!! Gue sendiri bukan penggemar susu sih. Tapi susu ultra stoberi punya kita itu lebih enak ketimbang susu stoberi di Jepang. Lebih creamy-creamy nikmat :3

BAKMI AYAM

Apapun idamannya, minumnya teh botol sastro!
Kembali ke jajanan yang dilengkapi saos dan kecap oplosan, bakmi ayam pun ngga akan gue lewatkan selama gue di Jakarta. Saat gue dan nyokap ke rumah sakit buat cek up macem-macem, tepat di depan RS ternyata ada tukang bakmi. Gapake ba-bi-bu, gue dan nyokap langsung menghampiri dan pesen bakmi (iyalah masa pesen kursi). Apa yang gue rindukan adalah, sumpit bambu khas dari setiap penjual bakmi dan teh botol yang ga ketinggalan di setiap menu :3 ohya, saos oplosannya juga, beuh. Nikmeh.


ES CENDOL

Es cendol dari restoran fancy di Jaksel. Hm......

Gue bukan penggemar berat dessert dan ga gitu suka makanan manis. Tapi es cendol salah satu dessert tradisional Indonesia yang gue lumayan suka karena sirup gula merahnya yang manis dan cendol-cendol-nya yang kenyal dan tawar. Bokap gue kebetulan di ajak ketemuan sama salah satu rekannya yang mayan tahjir banget di sebuah restoran berkelas di Jakarta dan dapat kesempatan makan di restoran Indonesia lagi. So, ga tanggung-tanggung, es cendol pun gue sikat!

LONTONG SAYUR

Pedes-pedes maknyus
Kalau dulu pas gue masih jadi Calon Paskibraka tahun 2008 silam dan mampir ke IRTI buat latihan, kadang gue suka sempatkan pesen lontong sayur yang lagi-lagi dijajakan sama abang-abang setempat. Biasanya, gue suka sarapan disitu dan makanan berkuah never fails me!

Gile kalo dipikir-pikir banyak juga ye list makanan idaman gue. Istirohat bentar deh ngetiknya.

*ambil kopi sachet* *buka sachetnya* *masukin gelas* *seduh* *ambil gelas lain* *tuang aer putih* *minum aer putihnya* *buang kopinya* *lha terus ngapain diseduh tadi*

PANGSIT BAKMI GM

Bakminya yang makan bokap jadi difoto ini hanya bertugas sebagai pendamping saja
Gue yakin 90% rakyat Indonesia setuju kalau pangsit gorengnya bakmi GM ngga ada tandingannya. Gue masih wondering, apakah rahasia dibalik gorengan pangsit nikmat luar biasa yang memaksa dompet untuk beli seporsi lagi. Apa rahasianya, Mas?!! APAAA?!!!!

KUE TALAM

Talam klasik.
Kue talam, salah satu kudapan ringan khas Indonesia dan gue paling suka kue ini di antara kue-kure yang manis lainnya. Kue talam ada sentuhan rasa asin dari santannya dan manisnya dari yang kuning itu (eeeh itu apa ya?). Kalo urusan kue talam, dibelinya harus di pasar gamau di tempat lain. Karena kue talam buatan nci-nci pasar rasanya kayak pelukan dari belakang. Ngga pernah salah.

BIG BITE 7-ELEVEN

DAT CHEEZE
Gue kira 7-eleven di belahan dunia manapun sama. Ternyata sesampainya di Jepang dan menghampiri 7-eleven, bukannya big bite yang gue dapatkan. Melainkan onigiri dan setumpuk bento...
Tapi setelah 5 tahun menahan keinginan menggigit sosis tebal itu, akhirnya tersampaikan juga saat temen gue membawa gue ke 7-eleven sebelah Grand Indonesia dan gue makan cukup lahap persis kayak orang belon makan setaun :' tapi emang iya sih.. 5 tahun itu.. cukup menyiksah.

SOMAY

"This is wonderful. By eating this, it feels like having sex on the plate." -Graham Elliot
Siapa yang ga ngefans sama somay??? Siapa?? Sini ta' jeruk-purutin matanya!
ga ding becanda. Somay ikan di Jakarta pun menu yang ga akan gue lewatkan. Bumbu kacang somaynya itu emang tetap juara dihati setelah kamu :"


TONGSENG KAMBING

Penampakan Tongseng yang biyutipul

Menjelang hari terakhir di Jakarta, Mamas mengajak kembali ke sebuah jajanan tenda di bilangan Pondok Indah (mungkin agak menjauh dari sana) buat nyobain sate PSK dan sekitarnya. Tapi gue yang lebih ngidam ke tongseng, ternyata direkomendasikan Mamas juga buat makan tongseng di resto yang sama karena emang olahan masakan kambingnya enak banget. Ternyata bener.
Dalam suapan pertama, gue langsung teringat bahwa nikmat Tuhan memang tidak ada tandingannya.
"Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?. - Q.S Ar-Rahman 55:13"


NASI GORENG

Nasi Goreng Mbek!

Ini dia superstar yang menjadi salah satu ikon di Indonesia! Nasi goreng!!!!
Meski nampaknya biasa saja, nasi goreng yang ga neko-neko inilah yang rasanya maknyus banget. Masih dibeli di tempat yang sama, gue memutuskan sepiring berdua sama si Mamas karena udah begah sama Tongseng (ciye sepiring berdua).

SATE PADANG

Mungkin next time gue bisa makan sate padang dengan bumbu yang lebih makcing lagi.


Last but not least, detik-detik terakhir saat nyokap nelponin gue kudu pulang, gue dan Mamas masih penasaran memburu sate padang, yang juga menjadi isu terbesar para mahasiswa yang ke luar negeri sebagai objek kuliner yang paling dikangenin. Meski udah di rekomendasikan tempat yang bagus-bagus dengan jaminan rasa bintang 5, gue dan Mamas memutuskan cari sedapetnya dimana aja boleh yang penting kerasain. Soalnya udah rada malem juga dan emang rejeki Tuhan ga kemana, sempat menemukan sate padang di sebuah pinggiran jalan. Pop-up abang sate padang, you saved my life!!!


Sekian ulasan list makanan yang gue idam-idamkan selama 5 dan 2 tahun belakangan ini. Sebenernya sih masih banyak tapi takutnya yang baca keburu bosen entar huaehauheuae.
Gue makasih banyak dengan pihak-pihak yang mau gue repotin selama di Jakarta dengan nganter-nganter wisata kuliner atau ke emol-emol dan tempat gaul asik (terutama nyokap gue dengan kejutan mendadaknya dalam wisata ke warung-warung tenda terdekat).
Dan sekalian promosi juga, mungkin ada yang ingin berkenalan lebih lanjut dengan sosok Mamas, silahkan hubungi twitternya.

Nama: Mamas. Umur: katanya 23. Zodiak: Aquarius. Hobi: jual beli sepatu dan bikin kamu penasaran dengan pesona senyumnya. Ciri khas: Raja Gombal yang selalu gagal. Twitternya: @dimasrach

Dijamin, dia siap membawamu kemana saja selama ongkos makan ditanggung sendiri.

Sampai bertemu di postingan selanjutnya!

Bonus foto:

Adek gue dan kucing kesayangannya di rumah yang namanya Imu.



PRICIL NAEK GOJEK. GOJEK LOH YA, GOJEK.

Ah indahnya Ibu Kota.

1 comment: