Monday 5 November 2012

Saya galau akademik.

Fiuh.
Selamat menuju winter!
Jepang lagi dingin banget nih. Well belum sepenuhnya winter tapi suhu ga pernah jauh-jauh dari 16-18 derajat. Kadang-kadang sampe 8 derajat pun pernah. Weleh weleh.

Jadi saya mau sedikit 'curhat' tentang kegalauan akademis saya yang sangat mengganggu gue selama beberapa tahun terakhir.

Gue masih bertanya-tanya...
di antara milyaran orang di dunia ini, masa iya cuma gue doang yang kayaknya selalu ribet banget dalam urusan pendidikan? Apa iya karena gue ini bener-bener ordinary--sebagai siswa dengan level biasa aja yang ngga jenius-jenius amat-- atau karena kurang dukungan?

Gue sendiri ngga paham sampe sekarang kemana arah yang harus gue tempuh. Dan gue jujur udah pegel terus-terusan mikir di satu tempat ini aja.
Dan gue tau, sesuatu buat pendidikan itu ga mudah. Selain butuh biaya banyak, jelas isi kepala pun dipertaruhkan. Dan karena gue lebih ke-skill, gue emang seringnya jarang mikir huehue.
Maksudnya, kenapa sih semua orang bisa enjoy banget buat ngejalanin kuliah mereka? Kok kayaknya, kalo liat orang kuliah tuh banyak hepi-hepinya.
Sedangkan gue?
Bisa ga sih lo bayangin, gue itu ga pernah lepas dari rasa fear, panik, takut, dan khawatir setiap gue kuliah?
Gue pun jadi over-paranoid, dan gue gabisa lepas dari itu semua. Gue sebelumnya pernah membahas gimana rasanya kuliah di Jepang itu (secara pandangan gue ya), dan tiba-tiba gue digeluti fear yang sangat luar biasa.

Pagi ini nyokap nelepon dan cerita banyak hal. Sejak gue di Jepang, jelas komunikasi gue dan ortu hanya bisa sebatas skype dan mengandalkan teknologi. Dan disitulah, gue memberanikan diri buat konsultasi ke nyokap soal kuliah. Meski beliau ngga pernah menduduki bangku kuliah, tapi beliau itu paling bisa ngasih masukan yang oke buat apa aja. Tapi jelas, gue paling ngga suka kalo semua masukan itu malah ujung-ujungnya kebentur sama bokap. Ehem..

Terlintas di kepala gue, gue mau keluar dari Jepang.
Gue ngga bisa berhenti mikirin situasi rumit yang tengah gue hadapin. Dimana gue sendiri harus bergelut sama ketidak-nyamanan gue selama gue berkuliah disini. Gue pun terjepit, no where to run, no where to ask. Bahwa niat ingin 'membantu' gue pun terdorong sama keadaan dimana gue bukanlah keluarga yang di atas banget.

Gue ngga jarang nangis cuma gara-gara galau akademik ini. Gue tahu, setiap resiko dan rasa pahit yang selalu ada dimana-mana itu emang harus bisa kita hadepin. Tapi ini sama aja kayak pelan-pelan nusukin pedang ke tenggorokan gue. Bahwa setiap hari yang gue jalanin disini itu sakit. Gue berusaha ikhlas dengan terus menjalankan ibadah gue dan komunikasi gue sama yang di Atas gue usahain ga putus.
Dan jelas, semua menuntut gue harus punya gelar sarjana S1.

Gue ingin banget ke masa dimana gue bener-bener merasa bahagia ngejalanin kuliah. Gue belum sampe kesana, dan gue masih merasa gue jauh banget dari mimpi gue. Bahwa yang gue inginkan masih bertentangan, ngga ada support, dukungan, dan apapun. Dan gue tau, segalanya harus gue kejer sendirian.

Gue pun masih merasa dibohongin selama ini.
Gue pribadi merasa, gue kepancing sama iming-iming yang ada, bayangan betapa asyiknya kuliah di luar negeri dan punya pengalaman yang mantep banget dan kebanggaan luar biasa buat bisa jadi mahasiswa di Jepang.
Entah. Gue cuma merasa kebohongan aja..

Kayak di manipulasi sama orang berilmu tinggi, dimana gue cuma dikasih sekat-sekat buat gue berjalan dimana gue dalam kondisi 'buta'. Dimana ini sama aja lo nyuruh chef--dimana bidangnya masak-- buat ngerjain bangunan atau nyuruh dia jadi arsitek.

Gue sendiri sebenernya yakin gue sempet punya jalan buat ke cita-cita yang gue mau saat itu.
Tapi karena 'kebutaan' dan 'ketulian' gue, gue pun cuma dikasih satu kunci pintu dimana ya, gue bisa sekolah dan kuliah di Jepang, tanpa tahu ini sebenernya sesuai apa engga sama keinginan gue.
Entah, gue cuma merasa cita-cita gue terpaksa ditutup. Entah sama siapa.

Sebenernya apa sih kuliah itu?
Akan bawa kita kemana sih kuliah itu?
Salah ngga kalau gue ingin banget buat sekolah seni seperti musik atau gambar, atau teater?
Atau ini cuma persepsi gue yang apatis, yang rasanya selalu nyerah sama hidup dan ngga percaya diri?

Orang ngomong emang gampang. Tapi pernah ngga, yang ngomong itu pahamin yang ngejalaninnya?

Gue minta maaf kalo ternyata selama ini gue nuntut yang aneh-aneh..
well gue sendiri merasa gue belum pernah ngobrolin apa-apa soal masa depan gue, ke ortu gue sendiri. Gue masih meraba-raba selama ini dan belum pernah punya pegangan pasti. Daripada gue berdebat, gue lebih baik tutup mata dan telinga, dan ngomong 'iya' meski ga suka..

Entah, kenapa edukasi (khususnya buat gue) ini kok ribet dan susah banget.
Entah gue yang emang ngga suka ngejalaninnya, kurang bersyukur, atau ada komplikasi lainnya.

Gue minta maaf banget kalo ternyata gue kurang bersyukur selama ini.
Gue juga ngga mau bikin kecewa orang tua.
Dan gue cuma mau bahagia dalam menjalani fase pendidikan gue.

1 comment:

  1. Hi..coba baca buku karangan silvia iskandar deh yg judulnya omiyage : kisah wanita biasa yang menaklukkan tanah jepang kalo ga salah. Bukunya tentang perjalanan dia kuliah di jepang. Mungkin bisa sedikit membantu

    Cheers :)

    ReplyDelete