Friday 2 November 2012

Makhluk ajaib di social network

Dimana-mana yang namanya nahan diri sendiri itu emang paling susah.
Nahan napsu, itu emang luar biasa godaannya. Ga usah yang susah-susah. Gue aja masih susah banget buat ngelawan gravitasi kasur. Alesannya macem-macem (kebanyakan sih nyalahin cuaca. Kepanasan lah, kedinginan lah :p), dan itu suka bikin gue kesel sendiri. Ujung-ujungnya nyesel, janji, tapi dilanggar lagi.
Humaaaan...

Dan gue pun mencari-cari cara buat ngalahin rasa males gue.
Well...
ternyata emang susah ya...
Dimulai dari coba bikin challenge kecil-kecilan, tetep aja ya ga ngaruh-ngaruh amat.

Dan gue sebenernya pengen mulai nahan napsu itu dari benda yang namanya henpon.
Si kLepon (panggilan imut dari iphone gue) itu adalah biang kerok segalanya. Henpon kecanggihan pun bikin gua lupa diri. Bahkan udah tau ngga bakal ada notif apapun (udah lah cil, ga usah ngarep Rupert Grint tiba-tiba ngechat salah nomor) tetep aja di cek.
Dan setelah ngikutin beberapa aplikasi sosial yang disediain, gue pun mulai muak sendiri. I know, I'm used to be a freakin 'alay'. Tapi gue lama-lama muak juga gitu liatnya kalo yang sejenis orang-orang dewasa (di atas gue lah) ikut-ikutan ngalay dan serba apdet di socnet (social network). Dan ga hanya itu, gue sendiri pun geli sendiri liat apdetan pesbuk yang.. err begitulah. Punya temen ribuan, berasa cuma punya belasan (yang apdet yang itu-itu doang).
Gue ga abis pikir aja gitu...

Dan mungkin semua juga udah tahu sih ya isi facebook kayak apa sekarang-sekarang ini.
Ditambah lagi sekarang udah ada path, LINE, whatsapp, 4sq... bah bah bah.
Biasanya buat orang yang ap tu det, kabeh aktif dan semua tempat (termasuk wc) harus check in.

Gue sekarang udah ngurangin kegiatan gue di path.
Alesan gue sih sederhana.
Kebetulan path itu bisa ngasih notif siapa yang dateng ke tempat kita, dan itu sangat berarti ada yang kepo terhadap kita. Dan gue pun males liat news feednya yang isinya cuma foto-foto dari beberapa orang yang teramat sangaat tidak penting.

Misalnya:
Title fotonya: "huft. Tired of waiting my driver to come for pick me up."
Dan mejeng foto dia gede-gede dengan space kecil di belakangnya tempat parkir. Jadi ini teh objek utamanya naon? Supir? Maneh? Apa tempat parkirnya??

Atau biasanya yang ngepost isinya apdetan makanan kabeh.
Well gue juga suka gitu tapi beneran udah tobat sekarang heheheheh......

kadang moto-motoin makanan via instagram (atau path) gitu bikin dosa tau. Kalo ada yang pengen dan ga kesampean kan kasian... (berarti yang ngepost foto-foto sate padang itu dosa sama gua!). Oke deh gue juga stop deh foto-fotoin sushi dll...

Kadang untuk hal-hal yang sangat 'not necessary' sejenis gitu, kenapa kaga apdet di twitter aja sih? Toh di timeline juga dengan kegeser" tweet lainnya, ngga bikin mata sepet liat foto yang kudu mejeng begitu. Ngga cukup di PATH, ya kadang foto yang sama pun tampil di seluruh socnet (oke itu gue banget, gue akuin). Cuma gue lama-lama jadi sebel sendiri aja gitu liatnya. Terus belum lagi apdetan yang fullll emoticon. Damn dude. Emoticon apple itu emang lucu-lucu tapi kan ga musti di jembrengin semua juga.
Dan ga hanya itu, di path pun kadang suka ada yang nge-tag gue dengan post-post yang sangat tidak ingin gue lihat atau gue ga mau tau sama sekali. Buat apa siiihhhh... musti gitu gue juga tau dengan apa yang terjadi?
So daripada gue ribut, ngapus account yang ada, dan di kepoin sana sini, gue pun memilih hengkang dari path. Gue paling dateng ke path buat liat ada apdetan musik/film terbaru. Yang gue suka dari path, gue bisa dapet refrensi musik baru dari para user yang lagi dengerin musiknya.

Daaaann kebanyakan socnet, ditambah yang menunjang juga si kLepon, dunia gue pun jadi fokus sama si kotak sabun itu.
Dan itu adalah masa-masa gelap gue, dan gue memutuskan pengen banget pake nokia 3310 lagi.
Dan saya kesel sama kLepon. Aaaa..

Dan dengan adanya wabah teknologi overcanggih ini, gue pun pengen banget kalo udah punya anak, gue bener-bener ajarin hidup prihatin. Well, dengan adanya pengalaman jadi alay, putus cinta, ketemu makhluk-makhluk ajaib dimana-mana, rasanya emang perlu banget gue membentuk kehidupan yang baru.
Gue mau kembalikan masa-masa gue kecil ke anak gue kelak. Biar dia ngga jadi makhluk ajaib di socnet.

Oh dan hindari 9gag.

0 comments:

Post a Comment