Friday 12 October 2012

Volunteer and Seminar.

Akhirnya jumat juga!
Dan hari Jumat ini dilalui dengan seminar kampret yang memaksa gue buat memberikan pendapat soal volentir yang pernah gue lakukan selama semester 1, dan pas summer holiday bulan Agustus lalu.

Oh ya, sekedar tips colongan, mahasiswa-mahasiswa Jepang itu biasanya paling hobi sama yang namanya volentir. Gue pribadi sih sejauh ini belum pernah denger temen-temen gue yang kuliah di Indonesia pada ikutan volentir. Pasti ada, tapi gue belum pernah liat atau pun denger.

Nah karena adanya kegiatan inilah, gue sendiri sempet ikutan volentir di sebuah SMA 'istimewa' yang mayan jauh dari kampus gue. Volentir ini gue lakukan pas gue di matkul teknik lingkungan, dimana cara sistem belajar si dosen ini dominan kerja lapangan. Mikirin lingkungan, sampe volentir. Emang gue sendiri ngga tau apa hubungan lingkungan sama volentir, tapi toh sebagai pengalaman gue pun ambil itu. Temen-temen gue pun ada yang juga volentir di pasar, desa, atau SMA lainnya. Dan karena gua foreigner, gue pun selalu diidentikan bisa bahasa Inggris (padahal selama ini belajar bing juga via film). Jadilah gue pilih volentir ngajar bahasa Inggris di SMA istimewa itu.




Isinya.. ajaib.

Pas hari pertama orientasi sebagai 'guru', gue dan 1 orang rekan gue lainnya (anak Agrikultur, namanya Ryuki) dijelasin sama guru yang jd mentor kita, bahwa SMA itu emang istimewa. Atau bahasa kita, Sekolah Luar Biasa.
Biasanya banyak banget siswa-siswa dengan gangguan belajar, atau yang males belajar, atau bahkan anak-anak penderita autis pun sekolah disitu. Sekolahnya cuma ada setiap siang sampe malem. Dan jelas, penampilan mereka pun ga kayak anak-anak SMA pada umumnya. Pake baju bebas, bahkan ada yang berdandan sangat necis sekali.

Gue kedapetan megang seorang anak penderita autisme, yang kenyataannya, sampe sekarang ga pernah menampakkan diri di depan muka gue hihi. Anaknya pemalu parah, dan dia sampe ngotot gamau ke sekolah karena malu ketemu gue (ya Tuhaaan saya bukan kanibaaal. Saya ngga akan makan dia, ya Tuhaaann). Sampe sekarang pun laporan yang gue denger dari wali kelasnya, dia masih suka ngumpet di bawah futon.
Sebagai gantinya, gue pun bertemu sama siswa lainnya yang hm bisa dibilang punya kekurangan yang sama. Namanya Hiromitsu. Yang gue seneng, anaknya mau nurut sama gue meski pada awalnya dia ogah-ogahan banget belajar sama gue. Ga hanya ngajar bahasa Inggris, kadang gue juga ngajarin bahasa Jepang, Kanji, atau hafalan kalimat. Dan kita berdua pun makin cocok, karena kita sama-sama suka gambar.
So di pertemuan berikutnya, gue pun bawa beberapa tumpuk komik, dimana dia dengan semangat nyalin-nyalin isi komik itu dan dia kasih lihat ke gue.

salah satu karya Hiromitsu-kun :)

Dan ternyata karena jangka waktu yang pendek ini, gue merasa sedih banget di hari terakhir volentir. Karena jangka waktu tugas gue cuma sampe libur musim panas, dan setelah itu gue gatau kapan lagi ada volentir semacam ini. Tapi, si wali kelas ini udah ngingetin gue kalau SMA itu boleh gue datengin kapan aja. Dan akhirnya, buat yang pertama dan terakhir kalinya pas akhir musim panas, gue join lagi 1 hari volentir. Dan sayangnya si Hiromitsu ini ngga ada, so gue pun pegang siswa lainnya yang (ahem) mayan kece-kece dan pada sibuk blepotan spell bahasa Inggris hihihi.
Setelah selesai, gue pun pergi menemui si wali kelas sekalian ngobrol-ngobrol siapa tau gue boleh volentir lagi di lain kesempatan.
Ternyata setelah tau masa tugas gue kelar, si Hiromitsu sendiri merasa kesepian.
"Katanya, "kira-kira, Sensei Ichi dateng ngga ya..." begitu." kata si wali kelas sambil senyum.
Dan perasaan gue sedikit mencelos. Karena apa ya... haha gue itu sebenernya kaku banget ke cowok. Apalagi cowok Jepang yang masih SMA gitu. Cuma masih ga percaya aja ternyata orang kayak gue ada yang ngangenin huehuaheuaheuae.

"Hiromitsu itu pemalu. Diem-diem suka nanyain kamu."


Astaga. Bener kata temen gua si Dirgoh. Kalo gue ini emang brondong magnet...


So singkat cerita, akhirnya hari ini, Jumat, berasa hari Akhir, pertanggung jawaban gue selama polentir pun dipertanyakan (untung bukan status yang dipertanyakan). Dan gue pun pas presentasi bercerita macem-macem dan alhamdulillah lancarrrr. Meski moderator dari seminar kampret sampe malem ini itu Ikemoto (dia satu bangku sama gue di kelas lingkungan. Ntar kita bahas lebih lanjut soal dia di post kapan-kapan), anak agrikultur yang ekspresi muka jailnya selalu minta di tampol. Ikemoto pun selayaknya Stalin gagal cukur kumis, dengan seenak idungnya nunjuk-nunjuk orang buat nanya atau presentasi. Hihi tapi tenang, anaknya aslinya lucu kok.


Volentir selama 2 bulan lebih itu nambah pengalaman baru. Interaksi dengan orang-orang baru, dan jelas dapet nilai yang bagus juga hihi.

So guys, cobain deh ikut-ikut kegiatan macam volentir ini.
Dan yakin deh, kalo study abroad pun, kegiatan volentir ini banyak banget peminatnya di kalangan mahasiswa. Yyuuuu~

0 comments:

Post a Comment